Rabu, 13 April 2011

Tips Merawat Kura Kura

| Rabu, 13 April 2011 | 0 komentar

Kura-kura adalah salah satu hewan yang banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Karena dengan bentuknya yang imut,dan ketika anda memutuskan untuk memelihara kura-kura sebagai hewan peliharaan, anda juga harus memperhatikan cara perawatannya dengan baik. Terutama kura-kura yang masih kecil karena meskipun pada umumnya kura-kura memiliki umur yang panjang bahkan sampai puluhan tahun, tetapi kalau tidak di rawat dengan baik akan menyebabkan kematian.
Ada beberapa tips merawat kura-kura terutama yang masih kecil :
1. Habitat hidup yang baik, meliputi ruang yang cukup untuk bergerak, entah kura-kura diletakkan di kolam, akuarium atau bak air. Asalkan disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Terutama untuk kura-kura yang sudah besar dan sudah waktunya untuk bertelur, habitat hidupnya paling tidak harus mempunyai tempat air, tempat untuk berjemur, dan tempat untuk bertelur.
2. Makanan, setiap kura-kura mempunyai selera makan yang berbeda-beda, ada yang suka sayuran, udang, jangkrik, atau pelet ikan atau pelet khusus kura-kura yang di jual di pasar ikan. Jadi kita harus mengenali makanan kesukaan kura-kura kita dengan memberikan variasi makanan yang berbeda-beda.
3. Situasi yang aman, terutama kura-kura yang masih kecil merupakan sasaran empuk dari hewan peliharaan lain seperti kucing, anjing atau ayam. Bahkan anak kita yang masih balita kerap kali menginjak atau menjatuhkan kura-kura dari tempat yang tinggi. Tentu saja hal ini harus menjadi pengawasan kitaq, atau kura-kura kecil kita yang imut akan menemui ajalnya.
4. Air bersih, kura-kura membutuhkan air bersih untuk minum dan berenang. Terutama untuk kura-kura yang masih kecil, kebersihan air mutlak untuk diperhatikan, karena air yang kotor membuat kura-kura menjadi rentan terhadap penyakit, seperti jamur dan kalau dibiarkan bisa mengakibatkan kematian.
5. Dan yang  terakhir adalah seperti umumnya hukum rimba dalam dunia hewan, siapa yang kuat dialah yang menang. Ketika kita mempunyai kura-kura yang banyak, akan kita jumpai beberapa kura-kura yang dominan, dia akan dengan agresif merebut makanan dari temannya. Untuk itu kita harus memberikan makanan secara terpisah pada kura-kura yang lemah agar pertumbuhan tubuhnya tidak kalah dengan kura-kura yang agresif.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan ketika anda ingin memelihara kura-kura


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2012. Artikelcontekan.blogspot.com . All rights reserved | Artikelcontekan.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by -